Minggu, 21 Agustus 2016

Obrolan dengan Orang Embongan (Orang Jalan)


Kemarin bertemu dengan seseorang yang saya rasa bisa saya panggil Mbah. Awalnya bertemu dengan beliau di Masjid Raya Purwosari, ketika saya sedang ishoma. Ketika saya ngobrol dengan penjual karpet di depan masjid, beliau menghampiri kami, bercanda menawar karpet dengan harga yang murah. Rupanya mereka juga sudah saling kenal, karena memang rutenya Mbah bolak-balik Malang. Yang saya ingat percakapan saat duhur adalah "biasa mas orang jalan, kudu akeh koncoo lan kudu wani"
Karena takdir Allah, kami dijumpakan kembali ketika menunaikan Sholat Maghrib, tentu di Masjid yang berbeda. Dan ketika saya mengangkat tangan untuk takbiratul ihram, kekhusyuan saya terpecah, karena berdiri seseorang satu shaf disamping saya "kayanya ini Mbah yang tadi siang, ah nanti saja salamannya", lantas saya mengulang takbir saya.
Baru setelah menunaikan kewajiban kami bersalaman, dan sewaktu saya menuju ke mobil saya, ternyata mobil kami pun berjejer. Kalo saya biasanya setelah Sholat Maghrib, langsung pulang menuju ke Kos, tapi kali ini beda. Beliau dengan tersirat mengajak ngobrol saya.
Maka mengalirlah obrolan kami, dari mulai pekerjaan, nasihat hidup dan agama. Beliau menyebut dirinya tukang listrik, lalu saya pun bilang "sama Pak, saya juga tukang penjernih air", tertawalah kami berdua.
Dari obrolan kami, beliau menasehati saya :
1. Gini Mas, sebisa mungkin kalo Sholat Maghrib dalam perjalanan pulang, sekalian saja nunggu Isya, duduk di teras Masjid, melihat langit, berdzikir pada Allah, dan bersholawat untuk Rosululloh. Kalo melihat langit maka kita akan merasa kecil, buat apa sombong, semuanya hanya titipan Gusti Allah.
2. Nah, sama sama orang embongan, kita harus berani dan berani nyambung silaturahmi, ketemu orang asing nyapa, kadang ada orang yang tidak mau diajak ngobrol walau sebentar, alhamdulillah Masnya mau saya ajak ngobrol.
3. Semuanya kudu ikhlas, kalo semua ikhlas dan diniatkan karena Allah SWT., insyaallah Mas hati adem dan tenang.
Ketiga hal tadi yang paling saya ingat dan kena, masih banyak yang kami obrolkan, dan obrolan terhenti ketika Muadzin mengumandangkan Adzan Isya. Semoga kita dipertemukan lagi Mbah.
Ya saya belajar banyak dari beliau, akan pentingnya silaturrahmi. Menurut saya yang paling jarang diucapkan ketika sesama muslim berjumpa di zaman sekarang ini adalah ucapan salam (assalamualaikum), sekarnag salam sudah diganti dengan kata "hai" dan lainnya.
Note : Dengan sedikit pengubahan kata-kata dan kalimat, karena obrolan dengan bahasa Indonesia dan Jawa Timuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar